Kaitan PLO dengan Kriteria Umum IABEE

Kriteria Umum kompetensi lulusan IABEE adalah sebagai berikut (https://iabee.or.id/akreditasi/kriteria-akreditasi-bidang-teknik/kriteria-bidang-ilmu/):

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
  2. Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
  3. Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
  4. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
  5. Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
  6. Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
  7. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada.
  8. Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  9. Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
  10. Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.

Keterkaitan antara PLO Prodi Teknik Elektro UMS dengan kriteria kompetensi lulusan IABEE dapat dilihat pada Tabel berikut:

Pengetahuan/ keterampilan/ sikap pada       Sub-              Kriteria 1.3

 

Program Learning Outcome (PLO)

(a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h) (i) (j)
(1) XX                  
(2)   XX                
(3)     XX              
(4)       XX            
(5)         XX          
(6)           XX        
(7)             XX      
(8)               XX    
(9)                 XX  
(10)                   XX