Tue. Nov 12th, 2019

Fakultas Teknik Jurusan Elektro UMS

Wacana Keilmuan dan Keislaman

Para Jawara Electro Line Tracer UMS Competion

2 min read

Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama komunitasnya menggelar Electro Line Tracer UMS Competion (Eltrums) Sabtu-Minggu(5-6/5/2018). Dengan harapan mampu mengembangkan kreativitas anak bangsa supaya mampu memajukan IPTEK dalam menemukan penemuan barunya.

Lomba yang terlaksana 2 hari ini meliputi lomba roket air, line follower baik mickro maupun non micro yang terbagi Sabtu (5/5/2018) di Lapangan Edupark UMS untuk roket air dan Minggu (6/5/2018) di kampus 2 UMS untuk line follower micro maupun non micro. Lomba yang di ikuti kurang lebih 100 team keseluruhannya dimana setiap team maximal 3 orang.

Lomba roket air di lapangan Edupark UMS berlangsung dengan peserta kurang lebih 21 team berlangsung lancar. Dengan system penilaiannya tepat sasaran yang telah ditentukan dengan jarak tertentu, dengan bertanda warna bendera berbeda berlaku point yang berbeda pula. Dalam penilaianya diberikan 2 kesempatan untuk dua kali peluncuran. Lomba roket air dimenangkan oleh team Muha sebagai juara 1 yang terdiri dari M. Najib Azham, Difa Salsabila Fakhrunnisa, dan Virginnia Ariesta Rowinna, juara 2 yang dipegang oleh team ELC R99 dari Bimbingan  Belajar ELC Cakung, dan juara 3 oleh team RAM 1 dari SMP Muhammadiyah 1 ALternatif kota Magelang.

Sedangkan line follower yang dilaksanakan di gedung FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) kampus 2 UMS di ikuti kurang lebih  80 team dari berbagai jenjang pendidikan dari SD hingga Perguruan Tinggi.  Dengan sistem penilaian yang mencapai finish terlebih dahulu itulah yang masuk ke babak selanjutnya, baik Micro maupun Non Micro. Dengan pemenang dari micro oleh team Ichibot Auctor dari Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai juara 1, Panzer_LitFlowJR dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sebagai juara 2, dan team Kecoak Terbang dari UNY juara ke- 3.

Sedangkan line follower non micro di menangkan oleh TRS ROBO 3 dari SMK Negeri 1 Ngawi sebagai juara 1, kemudian di susul oleh team Platinum Al-Falah dari SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, dan team TRS ROBO 2 dari SMK Negeri 1 Ngawi sebagai juara 3.

Dengan itu SMK Negeri 1 Ngawi berbangga dengan meraih 2 team sebagai posisi juara dan tak mau kalah pula dari SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman yang berbangga mampu meraih 1 posisi juara dari 3 dengan mampu mengalahkan dari lawan-lawannya yang tak bisa dianggap sepele.

“Eltrums 5 ini saya cukup berbangga dengan perserta yang belipat lebih banyak dari Eltrums tahun kemarin. Harapan saya ini mampu memberikan semangat lebih untuk para peserta kedepannya untuk kopetisi tahun depan. Dan harapan saya tahun depan semakin banyak kategori yang di lombakan dengan semangat peserta yang lebih lagi.” tutur salah satu dosen Elektro ketika memberikan sambutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *